Makanan Khas Arab yang Paling Populer dan Wajib Dicoba Masyarakat Indonesia

Buroso.com – Makanan khas Arab ada banyak sekali jenisnya. Soal cita rasa pastinya sangat lezat. Segi kehalalannya pasti terjaga. Tentu karena mayoritas penduduk Arab adalah beragama Islam sehingga karena mereka seorang muslim menjadikan seleksi kuliner juga sangat terjaga.

Karena itu Anda yang berwisata di Arab dan melakukan perjalanan wisata kuliner di Arab tak perlu bingung lagi. Nah, mengenai apa saja makanan khas Arab yang paling populer dan wajib Anda coba, berikut informasi selengkapnya. Cek informasinya dan coba ya teman!

Makanan Khas Arab yang Paling Populer dan Wajib Dicoba

Nasi kebuli Arab

Makanan khas Arab pertama yang sangat terkenal sampai di Indonesia adalah nasi kebuli Arab. Nasi kebuli merupakan jenis kuliner yang memiliki cita rasa gurih dengan aroma yang sedap karena terdapat  kandungan bumbu rempah yang sangat banyak ketika pengolahan nasi kebuli berlangsung.

Nasi kebuli ini merupakan nasi yang dalam pengolahannya menggunakan campuran kambing dengan kaldu kambing dan susu kambing. Semuanya ala kambing! Nasi kebuli disajikan dengan tambahan acar dengan kismis dan sambal sebagai pelengkap.

Samosa Arab

Samosa Arab merupakan kuliner khas Timur Tengah yang bentuknya segitiga. Samosa Arab bisa dikategorikan sebagai kue. Jadi Samosa Arab merupakan kue Arab. Bahan dasar membuat samosa adalah daging yang sudah diolah dengan cara dicincang. Kemudian daging tersebut ditumis dan dicampur dengan aneka rempah yang sangat khas.

Kuliner khas dari Arab ini juga diberikan beberapa bumbu tambahan seperti aneka ragam sayuran, kentang, kacang polong, serta juga bawang bombay dan ketumbar. Untuk menyajikannya, bisa dengan Anda sajikan menggunakan kulit lumpia yang digoreng sampai warnanya benar – benar kecoklatan.

Manakeesh Arab

Manakeesh Arab merupakan makanan khas Saudi Arabia yang tergolong sebagai pizza Arab. Ya, bentuk penyajiannya mirip sekali dengan pizza Italia. Namun Manakeesh Arab memiliki bahan baku yang berbeda dengan makanan khas Italia tentunya.

Manakeesh Arab biasanya terbuat dari bahan madu, tepung terigu, minyak zaitun, aneka rempah dan tak tertinggal gula sebagai pelengkap cita rasa manis yang disajikan. Manakeesh Arab juga memiliki topping namun topping yang digunakan sangat berbeda dengan topping secara umum didalam pizza.

Hummus

Hummus merupakan salah satu jenis makanan khas Timur Tengah yang dibuat dengan bahan dasar tepung roti, kacang yang sudah dihaluskan, lentini, tahini atau biji wijen yang sudah dihaluskan. Selain itu, air lemon, minyak zaitun, garam dan bawang putih juga menjadi bumbu pelengkap Hummus.

Hummus biasanya disajikan dengan irisan tomat, chickpea dan tidak tertinggal tortilla yang kemudian diletakkan di bagian tengahnya. Hummus merupakan roti tradisional khas Timur Tengah yang seringkali disajikan bersama dengan kentang yang sebelumnya sudah dipanggang lebih dulu.

Malabari paratha

Malabari paratha merupakan sebuah kuliner yang sangat unik. Malabari paratha merupakan roti bukat yang disajikan bersama dengan kari sehingga akan menambah cita rasa kenikmatan tersendiri. Malabari paratha merupakan hidangan pokok untuk kaum expat di India Selatan dan kini sudah populer di kalangan masyarakat yang tinggal di area Kerajaan.

Nah, bagi Anda yang sedang kepo banget dengan kuliner Arab, Anda bisa mencoba salah satu makanan khas Arab diatas. Dapatkan cita rasa yang sempurna mencicipinya! Jika Anda tahu resepnya, Anda juga bisa mencoba membuat hidangan khas Arab diatas di rumah. Selamat mencoba dan berkreasi bunda!