Resep Herbal Sederhana Untuk Mengatasi Maag Akut

Resep Herbal Sederhana Untuk Mengatasi Maag Akut – Mual, perut nyeri, perih, kembung dan sesak di ulu hati, sebah, jantung berdebar, pundak pegal-pegal kerongkongan dan lidah pahit, mudah mual dan muntah, dada terasa panas dan terbakar serta pusing merupakan gejala penyakit maag. Berikut ini kami paparkan 6 jenis herbal untuk mengatasi maag.

  • Madu, “Barangsiapa meminum tiga sendok madu dalam tiga pagi saja setiap bulan, niscaya ia tidak akan terkena penyakit berat” (HR Ibnu Majah). Madu berfungsi menyingkirkan kotoran yang terkumpul di dalam lambung dan usus, karena madu mengandung unsur penolak segala macam kotoran. Terkadang, lambung dihinggapi zat-zat lengket yang menghalangi makanan karena adanya unsur perekat. Bila zat perekat itu menempel di lambung, maka ia akan merusak lambung sekaligus merusak makanan yang masuk. Maka obat yang dibutuhkan adalah yang mampu meyingkirkan zat perekat tersebut. Madu sangat cocok untuk mengobati penyakit semacam itu terutama bila dicampur dengan air panas. Nabi biasa minum madu dicampur dengan air untuk membersihkan air liur. 1 sendok makan madu yang diminum satu setengah jam sebelum makan setiap hari dapat mengatasi kelebihan asam lambung dan tukak lambung
  • Minyak Zaitun, Gunakanlah minyàk zaitun sebagai lauk dan sebagai minyàk rambut, karena ia berasal dari pohon yang penuh berkah (H.R Ibnu Majah). Minyak Zaitun umumnya bersifat lembab pada tingkatan pertama. Teksturnya tergantung minyaknya. Minyak yang dihasilkan dari buah zaitun yang sudah masak adalah yang terbaik dan paling stabil. Yang dihasilkan dari buah yang mentah cenderung dingin dan kering. Yang dihasilkan dari buah zaitun merah kualitas sedang. Sedangkan dari zaitun hitam mampu memberikan kehangatan sekaligus kelembaban dengan stabil. Minyak zaitun berkhasiat juga melapangkan perut dan mengeluarkan cacing. Jenis yang sudah tua lebih panas dan berkhasiat. Bila diperas denigan campuran air, panasnya berkurang, lebih lembut namun lebih berkhasiat. Meminum 1 sendok makan minyak  zaitun setiap pagi sebelum makan dapat membantu meredakan gastritis kronis.
  • Habbatussaudà, Hendaklah kalian mengkonsumsi habbatus sauda, karena di dalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit kecuali as sam. Sedangkan as sam artinya kematian (HR Bukhari dan Muslim). Habbatussauda atau jinten hitam adalah herbal aromatik yang bersifat panas dan kering. Berdasarkan hasil uji di Universitas Kairo terhadap tikus percobaan, diketahui bahwa zat thymoquinome yang terdapat dalam habbatussauda memberi pengaruh dalam melindungi selaput lambung dari faktor-faktor yang bisa menimbulkan luka dan gangguan berbahaya pada lambung hewan uji tersebut. 10 tetes minyak habbatussauda dicampur dengan secangkir air dan air rebusan kulit buah delima, lalu dikonsumsi setisp pagi sebelum makan apapun, kemudian diikuti dengan minum susu segar tawar, insya Allah dapat meredakan ulkus (luka lambung). Di samping itu, sebaiknya terapi ini dilakukan selama 2 bulan berturut-turut.
  • Lidah Buaya, Qais bin Raifi al-Qaisi bahwa Rasulullah bersabda,”Apakah dua benda pahit yang menjadi obat? Shabr dan Tsiqa. Lidah Buaya dalam bahasa Arab di sebut dengan Shabr adalah tanaman yang berasal dari Afrika. Telah dipergunakan sejak abad 16 SM yang tercantum dalam Papurus Ebers yaitu tertulis di buku Dioscorides dengan judul De Materia Medica. Daun lidah buaya berdaging tebal, tidak bertulang dan berwarna hijau keabu-abuan. Daunnya bersifat sukulen (banyak mengandung air) getah atau lendir (gel). Rasa gel yang pahit dapat meredam kelebihan panas dan lembab. Gel pahit lidah buaya dipergunakan sebagai obat dikenal dengan nama Jadam Arab. Lidah buaya mengandung aloin, emodin, resin, tanin dan pokisakarida. Selain itu, lidah buaya mengandung asam amino, metionin, treonim, serin dsn molybdenum yang bekerja untuk mencegah lemak di hati dan pembuluh arteri. Lidah buaya berguna terutama panas lambung, mengatasi refluks asam dan esophagus. Dalam buku Prescription for Herbal Healingmenyatakan bahwà jus lidah buaya dapat mengobati maag. Journal of the American Osteophatic Society melaporkan bahwa efektivitas lidah buaya sebagai obat tukak lambung disebabkan kemampuannya untuk merangsang pelepasan pepsin. Dr. James F. Balch, penulis buku Prescription for Natural Cures menyarankan untuk minum seperempat cangkir jus lidah buaya tiga kali sehari untuk mengobati maag. Namun, ia mengingatkan bahwa jus lidah buaya bukan untuk di gunakan untuk wanita hanil, menstruasi dan sedang menyusui. Selain itu penggunaan jus lidah buaya sedapat mungkin bersih dari aloin atau getahnya dibersihkan terlebih dahulu. Perlu diperhatikan juga bahwa pemakaian dalam jumlah besar lidah buaya dapat menyebabkan diare, karena lidah buaya memiliki sifat pencahar.
  • Kunyit (curcuma domestica)            Kunyit adalah tanaman khas Asia Tenggara. Rimpangnya berbentuk bulat panjang dan bercabang-cabang. Rimpang muda kulitnya kuning muda dan berdaging kuning. Setelah tua, kulit rimpang menjadi jingga kecoklatan dan daging nya jingga terang agak kuning. Umbi kunyit bersifat mendinginkan, membersihkan dan memberi pengaruh bagi lambung.         Kandungan utama kunyit adalah kurkumin dan minyak atsiri yang berfungsi untuk pengobatan hepatitis, sebagai anti oksidan, mengatasi gangguan pencernaan, anti mikroba, anti kolesterol, anti tumor, anti rheumatoid arthiritis, haid tidak lancar, perut mulas saat haid, memperlancar asi, dan amandel. Selain itu kurkumin berfungsi sebagai zat pewarna yang memberikan warna kuning.            Bagi penderita maag dapat menggunakan seibu jari rimpang kunyit yang dicuci, kemudian diparut, lalu diberikan segelas air dan diperas. Air perasan dapat diminum 2 kali sehari, pagi sebelum makan dan malam sebelum tidur. Ramuan juga dapat ditambahkan madu sebagai pemanis. Perlu diingat juga, kunyit tidak untuk di minum secara rutin bagi wanita hamil karena dapat mengganggu janin.
  • Kayu Manis, adalah termasuk dalam golongan pohon penghasil rempah-rempah. Kayu manis adalah salah satu bumbu tertua, bahkan bangsa Mesir kuno telah menggunakannya sekitar 5000 tahun yang lalu. Kayu Manis memiliki berbagai kandungan kimia, yaitu minyak atsiri eugenol, sinamaldehyde, tanin, kalsium oksalat, dammar dan zat samak. Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, kayu manis memiliki berbagai manfaat, diantaranya untuk asam urat, tekanan darah tinggi, radang lambung atau maag, tidak nafsu makan, sakit kepala, masuk angin, diare, muntah-muntah, susah buang air besar (BAB), sariawan, asma, dan sakit kuning. Kayu manis sering kali disinergikan bersama madu untuk pengobatan radang sendi, jantung, sakit kulit, dan perut kembung. Penggunaan kayu manis dapat menggunakan sepuluh gram (10 g) kulit kayu manis yang direbus dengan 200 cc air dan dibiarkan hingga tersisa 100 cc. Air sisa rebusan dapat ditambahkan 3 sendok madu dan diminum selagi hangat.

Itulah bahasan tentang Resep Herbal Sederhana Untuk Mengatasi Maag Akut, semoga bermanfaat.