4 Inspirasi Jajanan Bali Sambut Hari Raya Nyepi

4 Inspirasi Jajanan Bali Sambut Hari Raya Nyepi – Pada tanggal 17 Maret 2018, seluruh masyarakat Hindu yang khususnya berada di Bali akan merayakan Hari Raya Besar-nya yaitu Nyepi. Perayaan Hari Raya Nyepi kali ini merupakan perayaan yang jatuh pada tahun saka 1940.

Nyepi sendiri berawal dari kata dasar sepi memiliki arti sunyi, senyap, hening. Hari Raya Nyepi  adalah perayaan Tahun Baru bagi masyarakat Hindu yang dihitung berdasarkan penanggalan/kalender caka, dan dimulai sejak tahun 78 Masehi. Nyepi juga memiliki arti bahwa tidak ada aktivitas yang dilakukan seperti biasa. Semua kegiatan yang ada dihentikan, termasuk pelayanan umum di daerah bali, seperti Bandar Udara Internasional Ngurah Rai pun tutup selama nyepi, hanya saja tidak untuk rumah sakit.

Makna pokok dari Hari Raya Nyepi ialah memohon ke hadapan Tuhan Yang Maha Esa, untuk menyucikan Bhuana Alit (alam manusia/microcosmos) dan Bhuana Agung/macrocosmos (alam semesta). Sebelum datang pada waktu Hari Raya Nyepi, terdapat juga sejumlah runtutan upacara yang  akan dilakukan oleh umat Hindu, khususnya di daerah Bali.

Akan tetapi pada saat hari perayaan mereka bukan berarti mereka tidak boleh sama sekali melakukan kegiatan, contohnya dalam hal memasak makanan.

Hal yang luar biasa ketika menjelang Hari Raya Nyepi di Bali yaitu banyaknya konsumen atau masyarakat yang hampir memenuhi semua pusat perbelanjaan, seperti  minimarket maupun supermarket.Banyak juga konsumen yang menghabiskan uangnya di pusat perbelanjaan besar dengan niat sebagai cadangan makanan dirumah selama Hari Raya Nyepi.Situasi ini hampir mirip seperti umat Islam ketika menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kondisi inilah yang menyebabkan pusat perbelanjaan ramai dikunjungi masyarakat. Selain membeli untuk cadangan makanan dirumah, mereka juga berkreasi dalam hal kuliner yang khas. Lalu apa aja sih  kira kira panganan yang mereka buat? Menurut teman saya yang tinggal di Bali,memang  ada beberapa makanan yang biasanya hanya ada dan disediakan pada saat Nyepi berlangsung. Penasaran kan, apa saja? Yuk cek dibawah :

1. Lawar Bali

Yang pertama adalah Lawar Bali menurut saya ini sajiannya yang sangat mirip dengan lontong sayur yang selama ini kita kenal. Memiliki rasa yang gurih, dan agak lengket. Untuk kamu yang suka makanan gurih pasti cocok dengan Lawar ini, Kalo rasanya sih sudah pasti mantap tapi ada rasa sedikit lengket. Makan Lawar juga bisa dicampur dengan sayur dengan pelengkapnya seperti kerupuk, parutan kelapa, dan telur rebus.

2. Tum Bali

Makanan yang kedua ini, banyak perbedaan pendapat dalam hal bahan dasar, ada yang berkata bisa menggunakan daging ayam, daging babi, bahkan daging ikan tuna pun juga bisa. Namun itu tidak akan menjadi masalah, karena pastinya rasa yang dimiliki dari Tum Khas Bali ini Lezat dan Nikmat. Untuk cara memasaknya dengan cara dikukus menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya

3. Sate Lilit

Makanan ketiga ini pastinya kalian tidak asing dong. ya, sate. sate memang dikenal sebagai makanan khas madura. tapi bali juga punya loh makanan khas yang mana bahan dasarnya juga di tusuk, yaitu sate lilit. Bentuknya yang unik tidak seperti sate pada umumnya sate lilit biasanya ditusuk menggunakan tebu atau serai dengan bentuk yang datar dan lebar

4. Jaje Bantal Bali

Makanan yang terakhir dari kami ini adalah jajan bantal. yang mana makanan ini berbalut daun kelapa, dan isi dari jajanan ini umunya adalah pisang, kacang merah, dan bisa juga kacang hijau. Ketika proses memasak menurut saya ini paling sulit deh, karena butuh keahlian tersendiri dalam membuat dan menali daun kelapa. jajanan ini mudah ditemui kok dipasar tradisional, jadi jangan khawatir ya!

Demikian artikel 4 Inspirasi Jajanan Bali Sambut Hari Raya Nyepi dari kami, semoga bermanfaat! 🙂