4 Buah Yang Menyehatkan Untuk Penderita Maag Akut

4 Buah Yang Menyehatkan Untuk Penderita Maag Akut – Bagi penderita sakit maag, mengkonsumsi makanan atau minum minuman hendaknya lebih hati-hati, salah memilih makanan atau minuman akan menyebabkan terjadinya gangguan pada lambung. Berikut ini kami sajikan 4 buah yang baik dan sehat untuk penderita maag.

  • Pisang, bersifat panas dan basa serta cocok untuk orang-orang yang mempunyai sifat dingin. Pisang yang baik adalah pisang yang benar-benar matang dan rasanya manis. Ibnu Qoyyim menyebutkan bahwa pisang dapat melenturkan perut dan mengobatin tukak lambung. Pisang kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium dan besi. Selain itu pisang juga mengandung vitamin B6 yang membantu kelancaran fungsi otak. Buah pisang juga kaya akan pektin yang miliki efek baik bagi penderita maag. Makan buah pisang setiap hari secara rutin satu buah setiap pagi dan sore hari satu jam sebelum makan akan melindungi selaput lendir di lambung dari pengaruh asam lambung.

 

  • Jeruk, “Mukmin sejati yang membaca al-Quran laksana buah jeruk yang mempunyai rasa yang enak dan aroma yang harum (HR Bukhari dan Muslim), Jeruk dalam bahada Arab disebut limun  utraj, atruj, turanj, burtaqal, kabad, barjumad dan naffasy. Buah jeruk rasanya asam, pahit, sedikit dingin, dapat meluruhkan dahak dan air seni. Perasan air jeruk baik untuk perut yang panas. Jeruk lemon mengandung minyak atsiri dan flavanoid. Selain itu juga mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C. Jus jeruk berisi sekitar 5% asam sitrat, yang memberi rasa asam. Kadar PH jeruk berkisar antara 2 sampai 3, tetapi saat memasuki tubuh sifat dari jus jeruk berubah menjadi basa. Mengkonsumsi 1 gelas air dicampur perasan jeruk sebelum makan, akan membantu bagi penderita maag.

 

  • Apel, merupakan buah asli Asia. Setiap 100 gram apel mengandung 50 kilo kalori,  13.81 gram karbohidrat, 0.17 gram lemak, 0.26 gram protein, 1% vitamin B1, 2% vitamin B3, 1% vitamin B5, 3% vitamin B6, 8% vitamin C, 1% kalsium, 1% zat besi, 2% fosfor, 2% potasium dan 1% magnesium. Apel memiliki beberapa jenis, ada yang berkulit merah dan ada yang berkulit hijau. Apel lokal berkulit hijau dan daging buahnya terasa agak asam dibanding apel impor. Mengkonsumsi apel setiap hari sebelum makan berguna untuk pencernaan. Kandungan pektin pada buah apel berguna untuk melapis lambung dari pengaruh asam lambung. Selain itu mengkonsumsi 1 sendok teh cuka apel sebelum berpuasa dan setelah berbuka juga bermanfaat bagi penderita maag saat  menjalankan ibadah puasa.

 

  • Pepaya, berbuah manis dan banyak mengandung air, brrsifat merangsang dan menguatkan. Mengandung karbohidrat, lemak  protein, vitamin A, B1, B2, B3, B6 vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium dan sodium. Biji pepaya mmpunyai efek anti radang  dan anti cacing, mengurangi rasa sakit, serta bisa dipakai untuk mengatasi gangguan lambung dan infeksi jamur. Mengkonsumsi buah pepaya sebelum makan sangat baik untuk pencernaan. Bagian lain dari tanaman pepaya yang bisa untuk mengatasi maag adalah dengan mengambil 2 lembar daun pepaya yang belum tua, kemudian ditumbuk sampai halus, lalu beri 1/4 sendok teh garam dan tambahkan air hangat 1 gelas. Kemudian campuran tadi diperas untuk diambil airnya dan diminum pagi hari sebelum sarapan.

Semoga bermanfaat…